Rahasia Menjadi Wanita Bahagia

Rahasia Menjadi Wanita Bahagia

13

Semua wanita mendambakan kegembiraan dan kebahagiaan setiap hari. Bahagia tidak selalu harus jalan-jalan ke mal, makan di restoran mewah, mendapat hadiah mahal, atau mengunjungi spa langganan.

Menurut Fred B Bryant PhD, psikolog sosial pada Loyola University Chicago, belajar untuk mencari kebahagiaan melalui momen-momen kecil tak terduga menjadi kunci utama seseorang bahagia.

Ini rahasia menjadi wanita yang bahagia dan gembira setiap hari.

Bersenang-senang dengan hal kecil.
Luangkan sedikit waktu mengapresiasi pengalaman-pengalaman positif yang sudah dilakukan. Terkadang, kita terlalu sibuk bekerja dan banyak pikiran yang mengganjal sehingga melupakan pencapaian-pencapaian positif yang sudah dilakukan.

Sebarkan semangat positif dan kebahagiaan.
Pergi berbelanja dengan si kecil atau menceritakan kenaikan pangkat di kantor kepada suami merupakan cara untuk menyebarkan semangat dan kebahagiaan. Berbagi kenangan bahagia, mengirimkan foto camping bersama teman, atau foto saat meniup lilin ulang tahun adalah bentuk emosi bahagia yang menyenangkan.

Hargai kerja keras diri sendiri.
Bangga dengan pencapaian suatu hal karena kerja keras yang kita lakukan adalah hal wajar. Menurut Bryant, banyak orang tidak mau menghargai dan berterima kasih kepada diri mereka sendiri atas pencapaian yang dilakukan. Padahal, self-congratulation itu perlu sebagai motivasi diri.

Ikuti kata hati.
Tidak ada salahnya mengikuti kata hati. Jika hari ini Anda ingin menyendiri, bersantai di tepi pantai sambil berjemur, atau membayangkan anak-anak sedang bermain ayunan dan berlarian di taman, lakukan hal itu. Sejenak lupakan rutinitas berkonsentrasi pada hal-hal atau pengalaman positif dan membahagiakan.

Jangan selalu melihat ke atas.
Jangan selalu melihat ke atas karena hal itu akan membuat seseorang merasa minder. Selalu bersyukur dan melihat ke bawah membuat kita lebih nyaman. Berpikirlah bahwa apa yang kita dapatkan hari ini lebih baik dari sebelumnya dan dari orang lain yang di bawah.

Mau belajar dari pengalaman.
Ada momen-momen bahagia dan menyedihkan yang pernah terjadi dalam hidup seseorang. Lebih baik menjadikan dua hal itu sebagai pengalaman yang bisa menjadi refleksi untuk kehidupan di masa yang akan datang. Perbanyak kegiatan yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik dengan headphone atau sekadar membaca novel di kamar untuk melupakan pengalaman buruk dalam hidup.

Mampu menutupi kesedihan.
Biasakan untuk memperlihatkan wajah bahagia, meskipun Anda tidak sedang bahagia. Menurut Bryant, semangat itu otomatis akan membangkitkan rasa kebahagiaan. Tertawalah yang keras saat menonton film komedi, atau tersenyumlah saat bercermin di kamar. Rasa bahagia itu akan menghapus kesedihan yang sedang dialami.

Raih momen-momen berharga.
Semua kejadian dalam hidup berlangsung sangat cepat dan kadang hampir tak terekam di ingatan. Memberi kejutan kepada anak atau suami saat ulang tahunnya, membelikan hadiah ibu kursi roda, atau hadir dalam pindahan rumah baru sahabat adalah pengalaman berharga yang tidak mudah dilupakan seseorang.

Selalu berpikir optimistis.
Dunia ini banyak dipenuhi kelompok pesimis, sebaliknya berusahalah menjadi sosok yang selalu optimistis. Jauhkan diri kita dari pikiran-pikiran negatif yang merusak kebahagiaan, seperti merendahkan diri sendiri atau memikirkan pendapat orang lain tentang diri kita.

Banyak mengucapkan terima kasih. Pupuk sikap untuk selalu mengucapkan terima kasih pada siapa saja. Anda tidak harus mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang ditemui di jalan. Namun, tak ada salahnya jika menyampaikan rasa terima kasih kepada orang asing yang telah memberi kursi di kereta, atau kerumunan orang yang memberikan jalan saat Anda akan lewat. (DianFimele)