Kereta Tercepat di Dunia

Eropa dan Asia saat ini mengoperasikan  kereta api berkecepatan tinggi di dunia secara berkesinambungan. Komuter  seperti Shanghai Maglev dan Harmony CRH 380A. Sementara keduanya saat ini memegang semua catatan kereta api cepat di dunia, seperti Hemu-400X, Zefiro 380 dan Talgo Avril, adalah pesaing sebagai kereta tercepat di dunia. Railway-technology.com adalah daftar sepuluh pelayanan kereta api tercepat saat ini.

A_maglev_train_coming_out,_Pudong_International_Airport,_ShanghaiShanghai Maglev

Shanghai Maglev merupakan posisi teratas dalam daftar kereta  tercepat dengan kecepatan operasional maksimum dari 430km / jam dan kecepatan rata-rata 251kmph.  Maglev mulai beroperasi secara komersial pada bulan April 2004.

Kereta ini memiliki tujuan pada 30.5km Shanghai Maglev Line, yang merupakan kereta pertama beroperasi secara komersial berkecepatan tinggi dengan garis levitasi magnetik, membentang dari Longyang Road Station dari Metro Line 2 dan berakhir di Bandara Internasional Pudong Shanghai.

Shanghai Maglev dimiliki dan dioperasikan oleh Shanghai Maglev Transportation Development Co (SMTDC). Kereta api ini didirian oleh perusahaan patungan dari Siemens dan ThyssenKrupp.

Sifang_CRH2_380A_at_Shanghai_ExpoHarmony CRH 380A

Harmony CRH 380A, dengan kecepatan operasional maksimum 380kmph, saat ini kereta operasi tercepat kedua di dunia.
Beberapa Unit listrik (EMU) dengan rekor melaju di 486.1kmph selama masai percobaan pada Shanghai-Hangzhou antarkota kereta api berkecepatan tinggi pada bulan Desember 2010.
The CRH 380A dimasukkan ke dalam operasi pada bulan Oktober 2010. Kereta ini beroperasi dari Beijing ke Shanghai dan menyediakan layanan jadwal keberabgkatan harian sepanjang Wuhan ke Guangzhou dengan rute.
Getaran kereta gratis dibangun oleh CSR Qingdao Sifang Lokomotif & Rolling Stock. Di desaindengan mesin berkecepatan tinggi, kereta ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan di berbagai universitas di China.

06052013_103649gallery_agv575_1AGV Italo

AGV Italo adalah kereta pertama di Seri AGV yang mulai membuka layanan pada bulan April 2012. Ia memiliki kecepatan operasional maksimum 360kmph.
Kereta ini memecahkan rekor kecepatan 574.8kmph pada bulan April 2007.

Dianggap sebagai kereta api yang paling modern di Eropa, AGV Italo dibangun oleh Alstom. Kereta saat ini menuju koridor Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano.

Kereta ini sesuai dengan interoperabilitas standar Eropa TSI, yang meliputi keamanan, keandalan dan ketersediaan, kesehatan, perlindungan lingkungan dan kompatibilitas teknis.

world-fastest-train-hd-wallpapers

Siemens Velaro E / AVS 103

Velaro E, ditetapkan sebagai AVE S 103 di Spanyol, kereta ini adalah yang tercepat dari seri-produksi kereta api berkecepatan tinggi di dunia. Mencapai kecepatan sekitar 400kmph selama masa percobaan di Spanyol.

Kereta ini memiliki kecepatan operasional 350kmph.
AVS 103 ini dibuat oleh Spanyol National Railways Renfe, dan beroperasi di jalur Barcelona-Madrid. Pembuatannya dimulai pada bulan Juli 2005 dan mulai beroperasi pada bulan Juni 2007.

Desain dari beberapa unit kereta buat dan ada perkembangan terbaru yaitu ICE 3 trainset dirancang untuk Deutsche Bahn.

 

 

Talgo_350Talgo 350 (T350)

Talgo 350, yang awalnya memasuki layanan dengan nama RENFE AVE Class 10, mencapai kecepatan maksimum 365kmph selama masa percobaan.

Kereta ini memiliki kecepatan operasional maksimum 350kmph.
T350 dikembangkan oleh Patentes Talgo (Tren Articulado Ligero Goicoechea Oriol) dan diproduksi oleh Patentes Talgo bekerja sama dengan Bombardier Transportation.

Umumnya kereta ini dikenal sebagai El Pato (artinya The Duck di Spanyol), kereta ini telah beroperasi di rute Madrid-Zaragoza-Lleida dari koridor Madrid-Barcelona di Spanyol sejak tahun 2005.

Saat ini ada lebih dari 46 kereta operasi seri ini di Eropa.

JRE-TEC-E5_omiyaE5 Seri Shinkansen Hayabusa

Kereta api Seri E5 Shinkansen Hayabusa, yang mulai beroperasi Maret 2011, dengan kecepatan maksimum 300 km,  berada di Shinkansen Jalur Tohoku dengan kecepatan operasi maksimum 320kmph.Saat ini yang tercepat di Jepang, kereta mencapai kecepatan sekitar 400kmph selama masa uji coba.Kereta diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industry (KHI) dan Hitachi, sedangkan Perusahaan Kereta Api Jepang Timur (JR East) merupakan operator.Kereta ini memiliki Full Suspension Active (FSA) sistem, yang mengurangi getaran gerak, dan panjang hidung 15m untuk mengurangi kerasnya suara dalam terowongan.

euroduplex homeAlstom Euroduplex

Alstom-menciptakan Euroduplex  merupakan generasi ketiga dari TGV Duplex, yang mulai beroperasi pada Desember 2011. Kereta dalam seri yang disebut-sebut menjadi satu-satunya jenis double-decker, dan dengan interoperable kereta api berkecepatan tinggi yang mampu berjalan pada jaringan Eropa di 320kmph. Euroduplex awalnya diperkenalkan pada kecepatan tinggi jalur rel Rhine-Rhone LGV. Kereta ini mampu mengangkut 1.020 penumpang (multiple unit), dibandingkan dengan TGV Duplex yang mengangkut sekitar 512 penumpang. Kereta Euroduplex dirancang untuk beroperasi di Perancis, Jerman, dan  jaringan kereta api Swiss dan Luksemburg. Dilengkapi dengan sistem traksi disesuaikan dengan arus listrik yang berbeda yang digunakan di seluruh Eropa. Beberapa kereta dalam seri ini juga akan beroperasi di Spanyol.

FrecciarossaETR 500 Frecciarossa 

Elettro Treno Rapido 500 (ETR 500) kereta Frecciarossa membuka layanannya pada tahun 2008. Kereta dirancang untuk kecepatan maksimum 360kmph dan saat ini dijalankan di 300kmph pada jalur kecepatan tinggi. The Frecciarossa (Red Arrow) adalah versi direnovasi dari ETR 500. Kereta ini beroperasi antara Roma dan Milan. Mesin-mesinnya dilengkapi dengan kontrol suhu dan isolasi suara, dan memiliki kursi ergonomis untuk memberikan kenyamanan maksimal. Kereta di armadakan dan  dioperasikan oleh Trenitalia dan diproduksi oleh Treno Veloce Italiano (TREVI), sebuah konsorsium Alstom, Bombardier dan Ansaldo Breda.

THSR-Taiwan-Fastest-Train-6THSR 700T

THSR 700T beroperasi di jalur berkecepatan tinggi antara Taipei dan Kaohsiung di Taiwan. Kereta yang disediakan oleh layanan  Taiwan High Speed ​​Rail pada Januari 2007. Kereta ini beroperasi pada kecepatan 300kmph mengurangi waktu perjalanan antara dua kota dari empat jam menjadi hanya 90 menit. Kereta ini dibangun oleh Kawasaki, Hitachi dan Nippon Sharyo. Berdasarkan seri 700 kereta Shinkansen Kawasaki,  700T adalah rolling stock Taiwan pertama yang mengimpor teknologi rel kecepatan tinggi Jepang.

Total investasi untuk pembuatan awal 30 kereta dalam seri mencapai sekitar NT $ 100 milyar.