Hei..Bangkitlah! Sekarang Saatnya Untuk Berubah

Kita semua pernah memiliki momen buruk dalam hidup ada saat ketika tiba-tiba kita merasa muak dengan apa yang kita lakukan dan sekarang ingin mengubah keadaan menjadi lebih baik. Beberapa dari kita berhasil membuat keputusan instan untuk mengubah dan menikmati kehidupan yang lebih baik, sementara yang lain gagal untuk melakukannya.

2c606e031c49e55dde4fb038d085d33d

Dalam beberapa kasuskamu hanya duduk dan bermimpi tanpa melakukan apa-apa. Mengubah hidup kamu adalah pengalaman seumur hidup yang penuh dengan tantangan besar; mari kita lihat langkah-langkah pertama menuju hidup baru:

1. Tulis Rencana

Tuliskan rencana rinci apa yang ingin kamu ubah. Cobalah untuk lebih spesifik, hindari pernyataan besar yang kurang jelas. Ambil selembar kertas dan pena, duduk dan tuliskan hal-hal berikut, jangan buang waktu terlalu banyak untuk berpikirtulislah hanya apa yang pertama terlintas di pikiran kamu.

Jadi silahkan tulis: apakah ada sesuatu yang kamu suka atau tidak suka dalam hidup  saat ini? Hal ini penting karena kamu harus menyadari apa yang kamu sukai serta apa yang tidak kamu suka agar tidak merusak hal-hal positif dalam hidupmuCatatlah kekuatan dan kelemahan kamu juga mungkin bisa membantu. Dengan cara ini kamu akan lebih percaya diri tentang apa yang perlu diubah.
Apakah kamu puas dengan penampilan kamu? Apakah kamu perlu untuk menurunkan berat badan? Apakah kamu menyukai warna rambut atau gaya busana saat ini? Silahkan lihat pada daftar dan memilih 3 atau 5 hal yang kamu rasa harus diubah. Sekali lagi, jangan berpikir banyak, hanya menuliskan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk segera melakukan perubahan yang cepat. Kamu akan selalu dapat menyesuaikan ini nantinya.

Setelah membuat daftar pendek, lakukan lagi dan baca secara menyeluruh. Kamu baru saja mengembangkan peta jalanhidup kamu untuk berubah. Catatan ini akan menjadi lebih dari cukup buat kamu untuk melakukan hal-hal yang baiksetelah menuliskan secara garis besar apa saja yang harus kamu ubah dalam hidup, sekarang kamu tulis hal yang lebih spesifik yang harus kamu ubah dengan lebih konkret dan realistis. Misalnya, mungkin kamu  membenci pekerjaan kamu saat ini dan ingin berhenti, nah tulislah langkah-langkah apa yang harus kamu lakukan untuk melakukannya.

Buatlah pernyataan umum yang lebih berorientasi pada  aksi, misalnya  menulis sesuatu yang lebih, seperti akan berkonsultasi dengan pengacara“, kamu dapat memilih sesuatu untuk ditindaklanjuti dan lebih spesifik. Misal seperti memilih proyek-proyek besar atau kecil. Misalnya menghindari mencari pekerjaan baru”, mencoba memperbarui CV saya“, mencari pekerjaan di perusahaan baru“, membuat profil di Linkedlnatau menulis surat pengunduran diri“. Hal-hal kecil seperti ini harus ditindaklanjuti, kadang kala hal yang tampaknya tidak penting justru membantu kamu dalam membuat perubahan besar.

2. Lakukan

Membuat keputusan tentang apa yang dapat kamu lakukan dalam 48 jam ke depan. Kamu mungkin perlu untuk mengambil hari libur atau untuk memanggil babysitter untuk menjaga anak-anak kamu. Percayalah, itu sangat berharga, kamu akan mengubah hidup kamu dan jika kamu berhasil menjadi bahagia, semua orang di sekitar kamu akan senang juga. Sekarangmulailah perjalanan kamu dengan melakukan beberapa langkah-langkah dari tindakan kecil dalam 48 jam ke depan, berikut adalah beberapa contoh:
• Kamu ingin mengakhiri hubungan tidak bahagia: bicarakan dengan pasangan kamu, membuat keputusan tegas, yakin bahwa kamu benar-benar ingin mengakhirinya, mengepak barang-barang kamu dan meminta teman-teman kamu (atau bahkan mantan kamu) untuk membantu kamu keluar.
• Kamu ingin memulai gaya hidup sehat: membersihkan lemari es  dari junk food, membuangnya, membayar langganan bulanan untuk gym dan jika mungkin, untuk aqua aerobik atau berenang (untuk mengisi diri dengan energi baru), berbicara dengan orang yang akan mendukung kegiatan kamu, mengambil seminggu off dan pergi untuk liburan untuk mengubah pandangan kamu dan suasana hati.
• Kamu ingin menurunkan berat badan: pergi dan belilah pakaian yang lebih kecil untuk ukuran kamu saat ini dan jadikan sebagai target tujuan Andaberkonsultasi dengan ahli gizi yang tepat, membeli sayuran dan buah, botol besar air dan memulai hari pertama kamu dngan benar.
• Kamu  ingin pindah ke kota baru: mengumumkan rumah kamu saat ini untuk dijual atau keluar dari kontrakan kamu, membuang hal-hal yang kamu tidak ingin kamu bawa; mengatur  sebuah pesta dan memberitahu teman-teman dan kerabat. Mulai menabung untuk perjalanan ke tujuan baru kamu.

Tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk memulai. Tidak peduli apa waktu hari atau  minggu atau bulan tahun itukamu harus  mencoba. Ini adalah hidup kamu! Menunda untuk periode selanjutnya hanya akan  kamu jadikan sebagai alasan untuk tidak memulai. Jangan menunggu besoklakukan sebagian mulai hari ini dan besokkamu akan berada di jalan menuju kehidupan kamu yang baru.

3. Cari dan Ikuti Hasratmu

Mungkin kamu perlu menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi apa yang membuat hasrat kamu menyala di dalamnya; nikmati apa yang kamu lakukan, lakukan apa yang bisa kamu nikmati. Hal ini bisa membuat kamu merasa bahagia, kamu akan tersenyum dan tertawa lebih banyakkamu akan merasa positif tentang segala sesuatukamu akan menjadi lebih kreatif, dll.

Daftar ini bisa tak ada habisnya. Dengan melakukannya, kedepannya hidup kamu akan lebih bergairah, kamu akan merasa lebih bahagia. Dunia akan terasa indah saat kita bisa melakukan apa yang kita sukai.