Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Hingga saat ini, gedung pencakar langit tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa di Dubai, yang memiliki ketinggian menjulang 828 meter! Tetapi selain itu beberapa gedung pencakar langit lainnya yang ada dalam daftar ini juga tidak kalah tinggi yang mana ketinggiannya tidak kurang dari 400 meter. Pencakar langit ini biasanya terdiri dari kantor, hotel, restoran, ruang konferensi, menara apartemen, dan, tentu saja, dek observatorium untuk menikmati panorama atau pemandangan. Dengan bangunan yang berdiri di antara awan-awan, siapa yang mau kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pemandangan kota yang sempurna? Beberapa menara ini adalah: Taipei 101, Sears Tower, One World Trade Center, dan Makkah Royal Hotel Clock Tower.

Yuk kita simak lebih lanjut daftar gedung pencakar langit di bawah ini!

Jin Mao Building, Shanghai – 421 m

b1.

Dibangun pada tahun 1999, Jin mao Building berdiri dengan ketinggian lebih dari 421 meter, dirancang oleh Skidmore, Owings & Merill. Menara ini terdiri dari 88 tingkat, menjulang di distrik Pudong di Shanghai, Cina. Selain itu, terdiri menara ini terdiri dari berbagai kantor dan terdapat Grand Hyatt Hotel.

Sears Tower (Willis Tower) – 442 m

b2.

Awalnya dikenal sebagai Sears Tower sampai dengan tahun 2009, ketika secara resmi berganti nama menjadi Willis Tower oleh Willis Group Holdings, gedung pencakar langit berdiri 442 meter di Chicago, Illinois. Gedung itu selesai pada tahun 1973, dirancang oleh Skidmore, Owings & Merill. Karena ketinggiannya itu dikenal sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia selama 25 tahun. Hal ini sangat populer sebagaibangunan yang luar biasa, menunjukkan aluminium anodized hitam .

Zifeng Tower – 450 m

b3.

Juga dikenal sebagai Greenland-Zifeng Tower, Menara Zifeng  di Nanjing, Cina, berdiri dengan ketinggian lebih dari 450 meter, dirancang oleh Skidmore, perusahaan Owings & Merrill . Ini adalah sebuah bangunan yang terdiri dari 89 lantai yang berisikan berbagai toko ritel dan kantor, restoran, hotel, dan sebuah observatorium di atapnya yang terbuka untuk umum. Dari atas terlihat panorama Sungai Yangtze dan pegunungan Ningzheng Ridge .

Petronas Twin Tower – 452 m

b4.

Bangunan yang tinggi Menjulang di Kuala Lumpur adalah Petronas Twin Towers, yang tingginya lebih dari 452 meter. Meskipun bukan bangunan pencakar langit tertinggi di dunia, tower tinggi dengan gedung kembar ini  didirikan pada tahun 1998. Tower 1 dibangun oleh Hazama Corporation, sedangkan Tower 2 dibangun oleh Samsung Engineering & Construction dan Kukdong Engineering & Construction.

International Commerce Center – 484 m

b5

Dibangun pada tahun 2010, International Commerce Center di Hong Kong adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan ketinggian menjulang 484 meter! Secara keseluruhan, itu adalah sebuah bangunan bertingkat 108 yang terdiri dari dua menara, mall, dan lantai 55 Four Seasons Hotel. Konon katanya gedung ini memiliki ketinggian yang sama dengan World Trade Center.

Shanghai World Financial Center – 492 m

b6.Dengan ketinggian 491 meter, Shanghai World Financial Center adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi Cina dan tertinggi di dunia. Selesai dibangun pada tahun 2008, dikembangkan oleh Mori Bangunan dan dirancang oleh Kohn Pedersen Fox. Bangunan ini terdiri dari perkantoran, hotel, deck observatorium, dan mal dengan dasar yang lebih rendah. Bangunan ini juga terdiri dari 174 kamar dan suite dari Park Hyatt Shanghai, yang dianggap sebagai hotel tertinggi di dunia.

Taipei 101 – 508 m

b7.Taipei 101, dirancang oleh C.Y. Lee & Partners dan dikembangkan oleh KTRT Joint Venture dan Samsung Engineering & Construction, adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan  ketinggian lebih dari 508 meter. Terdiri dari 101 lantai, menara ini dibangun pada tahun 2004 di Kabupaten Xinyi di Taipei, Taiwan. Pada tahun yang sama, ia dianugerahi Emporis Skyscraper Award untuk desain arsitektur yang luar biasa.

One World Trade Center – 541.3 m

b8.

One World Trade Center, yang sebelumnya disebut sebagai Freedom Tower, merupakan menara utama dari kompleks World Trade Center yang baru di New York. Bangunan tersebut selesai pada Mei tahun 2013 dan dikembangkan oleh arsitek Daniel Libeskind. Memiliki ketinggian 541,3 meter atau 1.776 kaki, yang merupakan representasi simbolis  Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat. Secara keseluruhan, ia memiliki 104 tingkat dan terletak di 6,5 hektar- di kompleks Word Trade.

Makkah Royal Hotel Clock Tower – 601 m

b10

Makkah Royal Hotel Clock Tower, juga dikenal sebagai Abraj Al-Bait Towers, adalah gedung pencakar langit tertinggi di Arab Saudi dengan ketinggian 601 meter. Selain itu, juga dianggap sebagai menara jam tertinggi di dunia dan bentuk jam terbesar. Kota ini terletak cukup strategis dekat  Masjid Al Haram yang menaungi Ka’bah, wilayah suci Islam. Selain itu, kompleks terdiri dari sebuah mal 20 lantai, garasi parkir, menara apartemen, pusat konferensi, dan ruang doa besar yang dapat menampung setidaknya 10.000 orang.

Burj Khalifa (Burj Dubai) – 828 m

b11

Diselesaikan pada Januari 2010 oleh perusahaan Skidmore, Owings & Merrill dengan Adrian Smith sebagai kepala arsitek, Burj Khalifa adalah pencakar langit tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter! Bangunan ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab dan merupakan bagian dari proyek pengembangan Downtown Dubai yang meliputi hampir 490 hektar di distrik bisnis utama di Dubai. Secara keseluruhan, biaya proyek sebesar hampir $ 20 miliar USD! (LR)