Bagaimana Menyembuhkan Rasa Dendam dengan Memaafkan

Melepaskan masa lalu yang pahit  adalah salah satu pelajaran yang paling sulit untuk dilakukan, membayangkannya saja susah apalagi harus mempraktekkannya. Namun jika perasaan itu selalu kita pendam maka akan semakin sering kita merasa terluka, dan menimbulkan rasa trauma.

Mungkin saja ada diantara kita yang pernah dihianati, dipermalukan atau bahkan sakit hati karena perlakuan atasan yang kurang baik atau bahkan mengalami PHK.

FamilyForgive

Terjebak dengan pengalaman buruk di masa lalu sering kali menghinggapi kita dengan rasa marah, kebencian bahkan balas dendam. Menyimpan dendam ibarat terus mengipasi bara api di dalam hati kita. Tanpa kita sadari, menyimpan rasa sakit hati dan kebencian membuat kita kehilangan banyak waktu yang berharga dan membuat hidup kita tidak bisa bergerak maju.

Menyimpan kepahitan juga berdampak buruk bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, pikiran-pikiran buruk berinteraksi antara pikiran yang mana berpengaruh besar dalam faktor emosional, mental, sosial dan spiritual dan secara langsung akan berpengaruh buruk bagi kesehatan.  Orang yang memendam akan mempengaruhi hormon yang akan berpengaruh buruk pad kesehatan. Orang yang menyimpan amarah memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dan detak jantung berdetak lebih cepat dan beresiko besar terkena serangan jantung dan penyakit lainnya. Penelitian juga menyatakan bahwa orang pendendam yang tidak memiliki kemampuan untuk memaafkan kemungkinan lebih besar akan menderita depresi.

Secara psikologis, ketika kita sedang berfikiran  negatif terhadap seseorang, tubuh kita secara naluriah mempersiapkan diri untuk melawan orang itu, yang mengarah ke perubahan buruk seperti peningkatan tekanan darah. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka kekebalan tubuh kita akan semakin lemah. Menyimpan kemarahan akan mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan darah dan bahan kimia yang tersimpan di dalam tubuh. Sebuah studi di Duke University mengatakan bahwa dengan menyimpan perasaan dendam sama bahayanya dengan merokok, dengan resiko serangan jantung dan stroke.

sunday-photo-forgiveness-quotes-estilotendances-2
Kebencian didefinisikan sebagai kemarahan atau perasaan diperlakukan tidak adil. Ini adalah emosi yang rumit karena melibatkan perasaan dipermalukan, malu dan kadang-kadang ingin balas dendam. Ada pepatah yang mengatakan  “Jika Anda menggali lubang untuk orang lain untuk jatuh ke dalam, Anda akan jatuh ke dalam lubang itu sendiri”

Alasan untuk merasa marah tidak bisa dimaafkan. Dalam  hubungan dengan keluarga akan rusak. Emosi negatif sering berasal dari perasaan tak terlihat dan disalahpahami oleh yang lain. Tidak peduli seberapa sepele atau serius ketidakadilan itu terjadi. Untuk orang yang merasa mereka sedang diperlakukan tidak adil, itu semua sama, apakah sesuatu ringan atau besar.

Cobalah untuk mulai  membangun kasih sayang kepada orang lain melalui pengampunan. Lakukan meditasi ini setiap hari selama minimal 21 hari. Dan tanamkanlah terus menerus keinginan akan sebuah pengampunan dalam hatimu.