Bagaimana Menghilangkan Kebiasaan Suka Menghakimi Orang Lain

Apakah Anda pernah mencoba untuk hidup setidaknya beberapa menit tanpa menilai seseorang? Saya percaya itu adalah cara mendapatkan  kebahagiaan untuk bebas dari penghakiman. Sayangnya, kita semua suka menghakimi dengan cara tertentu. Sifat manusia untuk menghakimi menyebabkan hambatan interpersonal dan kebencian, menciptakan semacam batas antara satu sama lain.

Ada begitu banyak bangsa yang berbeda budaya yang kadang-kadang sulit untuk menekan keinginan untuk menghakimi seseorang, karena mereka berbeda dari Anda. Kita harus tau bahwa setiap orang menganggap diri mereka yang terbaik dan istimewa, tetapi jika Anda ingin menghindari menghakimi, Anda harus berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Anda sebaiknya memperhatikan kegagalan Anda sendiri dan mencoba untuk menyatakan gagasan yang jelas tentang bagaimana Anda harus menjalani hidup Anda.

afraid-of-being-judged-L-VlZ4qQ

Dietrich Bonhoeffer pernah berkata hal yang bijaksana, Dengan menilai orang lain kita membutakan diri untuk kejahatan kita sendiri dan menghambat berkat dan rejeki untuk diri sendiri.”

Berikut adalah beberapa tips untuk berhenti menilai orang lain:

1 Pertimbangkan pemikiran ini

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami awal dari pikiran negatif. Pikiran yang mengganggu ini kemudian berubah menjadi kebiasaan yang buruk dengan suka menilai orang lain. Akibatnya, Anda mungkin kehilangan teman-teman, kebahagiaan dan rasa hormat jika Anda terus menghakimi orang lain. Cobalah untuk menyadari bahwa Anda tidak sempurna. Semua orang hidup di planet yang sama, menghirup oksigen dan memiliki struktur fisik yang sama. Perbedaan utama adalah dunia batin yang dibuat secara individual oleh setiap orang. Jika Anda mengakui kebenaran ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk menasihati diri sendiri bahwa menghakimi orang lain adalah kebiasaan buruk.

2 Cobalah untuk menjadi kritis terhadap diri sendiri

Apakah Anda memiliki hak untuk menghakimi orang? Apakah Anda benar-benar tahu bagaimana menangani segala sesuatu di dunia ini? Saya percaya bahwa Anda tidak bisa. Hal ini timbul karena mencerminkan kondisi nyata tentang gaya hidup Anda, sifat Anda karakter dan cobalah bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan sulit untuk mengetahui alasan mengapa Anda menilai orang lain. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda menemukan sifat kepribadian Anda dan semua kemungkinan kontradiksi di dunia batin Anda. Anda mungkin menderita karena kesombongan dan kemunafikan sehingga itu juga yang juga membuat Anda suka menghakimi orang lain.

3 Maafkan mereka

Memang sangat sulit untuk berhenti menghakimi orang lain. Anda dapat mencoba untuk mengganti penghakiman dengan pengampunan. Orang menghakimi cenderung menyimpan dendam pada orang-orang yang mereka tidak suka. Mereka sering merasa sulit untuk memaafkan orang lain. Jika Anda telah terluka, maka pengampunan adalah cara yang ampuh dan efektif untuk membersihkan penghakiman. Pertama-tama, Anda harus mengembangkan kemampuan untuk memaafkan diri sendiri. Seiring waktu, ini akan membantu Anda melupakan kebiasaan penghakiman dan membangun hubungan yang lebih  bisa menerima dan mencintai  diri sendiri dan orang lain.

4 Anda bukan sepatu orang lain

Setiap orang memiliki jalan hidup mereka sendiri. Setiap keluarga memiliki cara yang berbeda dalam pola kehidupan. Itu merupakan salah satu cara untuk menilai perbedaan, kecuali Anda berada di sepatu orang lain. Jika Anda tidak pernah mengalami hal yang sama, Anda harus mencoba untuk membayangkan keadaan yang mungkin telah menyebabkan orang bertindak seperti mereka lakukan. Selain itu, Anda dapat menawarkan uluran tangan untuk membantu bukan menilai.

5 Tetapkan tujuan untuk menghentikan kebiasaan ini

Jika Anda sudah terbiasa dengan kebiasaan menilai orang, Anda harus melakukan cara yang terbaik untuk memecahkannya. Percayalah bahwa Anda cukup kuat untuk mengatasi kebiasaan buruk. Saya pikir lebih baik untuk melibatkan diri dalam  kegiatan yang bisa membuat Anda untuk menjadi sangat sibuk. Anda tidak akan punya waktu untuk berpikir tentang orang lain, karena akan membantu Anda mengganti pikiran negatif dengan minat baru dan tugas baru.

6 Anda tidak memiliki alasan untuk menilai

Sayangnya, banyak orang cenderung untuk menilai dan mengkritik orang lain tanpa mengetahui fakta-fakta. Jika Anda tidak ingin terlihat seperti orang munafik, Anda harus biasakan untuk menjaga diri dari penilaian yag salah sampai Anda mengetahui semua berita dan fakta tentang situasi yang sesungguhnya. Setelah Anda memiliki semua kebenaran, Anda dapat memutuskan apa yang dapat Anda lakukan. Terserah Anda, apakah Anda menghakimi mereka atau mencoba untuk membantu orang ini untuk menangani situasi yang tidak baik.

7 Jangan melupakan kasih sayang

Kasih sayang bukanlah tanda kelemahan, tapi sifat indah yang menyembuhkan hati dan sifat kasih dan kebaikan. Ketika Anda merasa kasihan kepada seseorang, Anda secara otomatis mulai mencari semua cara yang mungkin untuk membantu mereka. Belas kasihan adalah seperti obat yang membantu Anda melawan kebutuhan untuk menilai dan mengkritik. Selain itu, Anda harus membayangkan apa masalah dan tantangan hidup yang orang lain alami. Sifat ini akan membuat Anda menjadi orang yang bijaksana, mulia dan indah.

Penghakiman adalah resep terbaik untuk menderita bagi manusia. Sebaiknya kita mulai  menyingkirkan beban berat ini. Jika Anda ingin hidup terasa ringan seperti kapas, Anda harus mengikuti tips-tips tentang cara untuk berhenti menghakimi orang lain. Anda akan merasa lebih baik dalam hidup  dan Anda akan lebih bahagia juga.