7 Hobi Yang Bisa Membuat Kita Lebih Cerdas

Kita semua memiliki hobi, permainan favorit atau hobi yang kita nikmati setiap kali kita memiliki kesempatan untuk melakukannya. Mungkin beberapa dari kita suka berenang, yang lain suka bermain catur sementara yang lain lebih memilih menonton film – namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya apakah beberapa dari hobi ini benar-benar dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan memori Anda dalam jangka panjang? Anda tidak perlu lagi melihat hobi sebagai cara untuk bersantai setelah seharian stres di tempat kerja, tetapi sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang positif. Di sini Anda akan menemukan 7 hobi yang akan membuat Anda lebih pintar, jika Anda menikmatinya terus menerus:

1 Belajar Bahasa Asing

Apakah Anda selalu bergairah untuk mempelajari bahasa asing, negara dan budaya? Jika demikian, maka Anda harus tahu bahwa Anda dapat membuat yang terbaik dari hobby ini dengan memperluas kemampuan bahasa Anda. Tidak hanya bahasa baru yang akan memberikan wawasan yang lebih dalam budaya, sejarah dan tradisi dari negara baru, tetapi juga akan membantu Anda berkomunikasi lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah. Hal ini sangat dianjurkan untuk mulai belajar bahasa asing dengan mudah, idealnya seperti anda mulai belajar bicara seperti masa kecil anda. Belajar Bahasa akan menambah perkembangan otak Anda dan akan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas yang rumit dengan melatih pikiran Anda – dengan sedikit latihan, Anda akan melihat bahwa otak Anda akan mempertajam dan kadang-kadang Anda bahkan akan berpikir dalam bahasa asing. Ketika itu terjadi, Anda telah mencapai tujuan Anda!

 

2 Putar Beberapa Permainan Video

Meskipun sebagian besar video game sebenarnya buruk baik bagi anak-anak dan untuk remaja, mengingat fakta bahwa mereka akan mengenal kekerasan, beberapa dari permainan tersebut tumbuh dalam pikiran kebanyakan orang: kuncinya adalah untuk memahami video game hanya untuk keuntungan semata. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata Anda, yang penting di kemudian hari. Pada saat yang sama, video game ini juga akan melatih hal penting dalam pengambilan keputusan keterampilan Anda – dengan kata lain, Anda akan dapat mengambil keputusan radikal yang akan bermanfaat bagi kehidupan Anda, satu atau lain cara. Namun, penting untuk dipahami bahwa manfaat ini berlaku hanya untuk pelatihan otak video game.

 

3 Fokus Pada Permainan Itu Mencegah Kabut Otak

Kabut otak sangat umum saat ini, tapi untungnya ada beberapa permainan dan latihan mental yang akan membantu Anda untuk mengatasinya. Apakah anda antusias tentang teka-teki dan hobi serupa lainnya? Jika demikian, maka Anda harus tahu bahwa memecahkan teka-teki dan terlibat dalam kegiatan lain yang merangsang pikiran Anda dapat mengurangi risiko Anda untuk mengembangkan demensia di kemudian hari oleh lebih dari 60%, karena berbagai studi telah mengungkapkan. Pada saat yang sama, bermain game mental menantang secara dramatis dapat meningkatkan memori Anda, yang akan sangat berguna bagi Anda. Ada ratusan program yang menantang mental, permainan dan aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan aktivitas otak Anda dan membuat Anda lebih pintar – yang, dengan dikombinasikan dengan makanan yang tepat yang dikenal untuk meningkatkan fungsi kognitif, dapat melatih.
4. Puzzle!

Semua orang menyukai teka-teki, tidak peduli betapa menjengkelkan permainan tersebut, ketika Anda tidak berhasil menemukan bagian yang hilang. Namun, inilah yang membuat game puzzle begitu indah – ini pada dasarnya permainan asah otak yang merangsang pikiran Anda, mereka membuat Anda berpikir dan ini tentu akan memiliki efek positif pada kecerdasan Anda. Puzzle game saja tidak satu-satunya yang dapat melatih pikiran anda sama halnya dengan teki silang. Apakah Anda tipe orang yang memiliki banyak waktu luang dan ingin membuat yang terbaik untuk menyelesaikannya, atau mungkin Anda seorang pebisnis yang sibuk yang selalu di perjalanan dan mencoba untuk menikmati waktu mereka di kereta atau pesawat dengan cara terbaik yang mereka bisa? Jika demikian, maka asah otak adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih cerdas, tanpa investasi terlalu banyak uang atau waktu. Hal ini dapat menjadi hobi dan rutinitas sehari-hari yang akan memastikan otak Anda berfungsi dengan baik bahkan seiring pertambahan usia.

 

5. Mengumpulkan Koin Dan Produk Lainnya

Hobi penting dan sangat menarik yang akan dapat membuat Anda lebih pintar adalah mengumpulkan koin dan barang-barang lainnya. Hal ini tentu akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang dunialuar- tidak peduli jika Anda memutuskan untuk mengumpulkan koin-koin kuno dan koin-koin yang masih berlaku (yang pasti akan berubah menjadi sangat berharga di kemudian hari) atau Anda ingin menjadi entomologi dan mulai mengumpulkan serangga , menjadi kolektor pasti memiliki manfaat mental yang tidak boleh diabaikan. Hal ini akan membuat Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, karena rasa ingin tahu akan membuat dunia berputar. Anda dapat menemukan banyak tentang negara dan rakyatnya dengan teliti menganalisis uang mereka, dan ini bisa menjadi warisan kepada generasi mendatang.

 

6 Baca!

Membaca tidak diragukan lagi salah satu hobi yang paling indah di luar sana. Ada jutaan buku di dunia, dan seseorang tidak bisa membaca bahkan 1% dari mereka dalam seumur hidup. Buku menawarkan kita cara yang unik dan luar biasa untuk memahami dunia dan mereka juga menawarkan kita “gelembung imajiner”, tempat yang aman di mana kita bisa pergi setiap kali kita ingin melarikan diri dari kenyataan. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menjadi lebih cerdas adalah untuk datang dengan daftar bacaan: membuat daftar setidaknya 10 buku yang Anda berencana untuk membaca sepanjang tahun, dan memilah berdasarkan subjek mereka. Membaca akan membuat pikiran Anda waspada dan fokus, belum lagi bahwa hal itu juga akan meningkatkan kosa kata Anda juga!

 

7 Memainkan Alat Musik

Musik adalah gairah yang mulia, dan orang-orang yang bisa memainkan alat musik ini selalu dianggap sebagai orang-orang berbakat dan cerdas. Sama seperti yang terjadi dengan belajar bahasa, belajar bagaimana memainkan alat musik jauh lebih efisien jika dilakukan di masa kecil – namun, ada jutaan orang dewasa yang belajar untuk menikmati musik pada yang terbaik sepanjang masa dewasa mereka. Selain itu, kabar baiknya adalah bahwa Anda bahkan tidak perlu untuk fokus hanya pada satu instrumen, seperti yang Anda dapat mengkhususkan dalam dua atau bahkan lebih, jika Anda memiliki waktu dan ambisi yang diperlukan.

Kesimpulannya, ini adalah 7 dari hobi yang paling baik dan efisien bagi mereka yang ingin menjadi lebih cerdas. Salah satu manfaat paling penting dari semua yang disebutkan di atasadalah bahwa melakukannya hanya membutuhkan sebagian kecil dari waktu Anda, namun manfaatnya sangat banyak!