20 Negara Paling Damai di Dunia

Apakah Anda tahu negara paling damai di dunia? Sejak tahun 2007 setiap tahun, Global Peace Index yang telah dirilis oleh IEP (Institut Ekonomi dan Perdamaian)  melakukan survey negara dan daerah paling damai berdasarkan faktor eksternal dan internal. Bagaimana yang telah kita ketahui banyaknya negara dengan tingkat kriminal yang tinggi dan menurut Global Peace Index ada 20 negara paling damai di dunia.

 

1. Denmark

Denmark2Denmark menduduki puncak daftar negara yang paling damai di bumi dan benar-benar tempat yang aman untuk hidup. Bahkan saat Copenhagen, ibukota Denmark, berada di bawah pendudukan oleh Nazi selama Perang Dunia II, penduduknya tidak melawan. Intinya adalah bahwa orang-orang yang tinggal di Denmark lebih memilih untuk fokus pada masalah ekonomi, bukannya melibatkan diri dalam berbagai konflik bersenjata. Orang Denmark sangat ramah, terbuka dan membantu. Bagi mereka yang pernah berkunjung ke negara ini tentu mereka akan sependapat bahwa Denmark adalah negara yang sangat menyenangkan dan setiap orang tentunya berharap bisa tinggal di sana

 

2. Norway

Norway2Mungkin ada beberapa orang tidak mengharapkan Norwegia untuk tampil dalam daftar negara yang paling damai di dunia. Mungkin,  karena Anders Behring Breivik, pembunuh massal, yang sangat memukul kebanggaan dari negara ini. Tentu, hal itu adalah kejadian luar biasa, tetapi menurut Global Peace Index, Norwegia adalah salah satu negara paling damai di dunia dan tempat yang ramah dan aman untuk hidup. Norwegia adalah negara dengan tingkat tertinggi dari pertumbuhan penduduk, ditambah, pemerintah Oslo selalu menempatkan perdamaian di garis depan sebagai prioritas negara.

 

3. Singapore

Singapore1Sebagai anggota aktif dari masyarakat internasional dan secara keseluruhan sebagai negara kecil, Singapura merupakan bagian dari negara paling damai di dunia. Sejak mencapai kemerdekaannya pada tahun 1965 sebagai Republik yang berdaulat, Singapura selalu berkonsentrasi untuk menjadi tetangga yang besar, melalui pembentukan  perdamaian, ekonomi, hubungan politik yang baik dengan semua negara.

Negara ini telah bekerja dengan PBB dan badan-badan pendukungnya di berbagai macam usaha. Singapore juga berpartisipasi dalam berbagai organisasi global, unilateral dan multilateral untuk mempromosikan kerjasama internasional, termasuk WTO (World Trade Organization). Singapura adalah salah satu negara paling damai di dunia serta salah satu negara terkaya di dunia. Tingkat pembunuhan dan tingkat kejahatan kekerasan lebih rendah dibandingkan negara lain.

 

4. Slovenia

Slovenia1Slovenia merupakan Sebuah negara di Eropa yang indah, Slovenia juga merupakan negara paling damai di dunia. Negara ini mendapat nilai terendah dalam pendanaan untuk PBB dalam misi sebagai penjaga perdamaian. Jumlah polisi dan petugas keamanan, tingkat kriminalitas yang dirasakan dalam masyarakat, jumlah konflik internal sangat minim. Kita akan setuju dengan Global Peace Index dan percaya bahwa Slovenia layak menduduki tempat dalam daftar negara yang paling damai di bumi. Selain itu, dengan kota-kota yang indah seperti Maribor dan Ljubljana penuh dengan budaya yang unik, Slovenia adalah tujuan wisata yang fantastis.

 

5. Sweden

Sweden1Swedia merupakan salah satu negara Skandinavia yang paling indah, Swedia terletak di ujung utara Eropa. Meskipun Swedia adalah salah satu eksportir senjata terbesar di Eropa, negara ini memiliki tingkat rendah dari perampokan (hanya 9000 tahun) dibandingkan dengan Amerika Serikat (sekitar 350.000 tahun)! Menurut Global Peace Index, Swedia adalah salah satu negara paling damai di dunia, terlepas dari fakta bahwa negara itu  merupakan eksportir senjata top dunia. Selain itu, Swedia belum pernah berperang dan tidak berpartisipasi dalam pertempuran.

 

6. Iceland

Iceland1Islandia juga termasuk dalam peringkat sebagai salah satu negara paling damai di dunia, negara yang tidak pernah terlibat konflik dengan engara lain di dunia. Islandia jarang atau tidak pernah menjadi headline berita  meskipun pernah mengalami runtuhnya bank-bank Islandia beberapa tahun yang lalu, negara ini tetap sebagai sebuah tempat dengan keindahan alam yang spektakuler. Wisatawan dari seluruh penjuru dunia datang ke Islandia untuk melihat gletser yang besar dan gunung api yang “mengamuk”, serta berbagai wisata alam dan budaya yang unik di Reykjavik, ibukota Islandia.

 

7. Belgia

Belgium1Menurut Global Peace Index, Belgia adalah salah satu negara terbaik dan paling damai sebagai tempat tinggal di Eropa dan di Bumi. Terletak di jantung Eropa, negara kecil ini memiliki tempat khusus. Brussels, ibukota Belgia, adalah rumah bagi Uni Eropa dan NATO. Belgia membanggakan kota abad pertengahan ini, balai kota yang indah, istana megah, dan keindahan alam yang menawan. Angka pembunuhan dan pemenjaraan yang rendah di negeri ini, meskipun Belgia pernah mengalami krisis dalam pemerintahnya selama periode 2008-2011.

 

8. Republik Ceko

Czech-Republic1Sebuah negara yang relatif baru, Republik Ceko merdeka dari Blok Soviet pada tahun 1989 karena Revolusi Velvet terbagi selanjutnya disebut dengan Slovakia. Setelah pembagian Cekoslowakia, Republik Ceko  sebagian besar terkonsentrasi pada pembangunan ekonomi kapitalis yang kuat dan menciptakan iklim yang stabil untuk investasi. Pada tahun 2009, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) peringkat Republik Ceko sebagai negara Pembangunan Manusia Sangat TinggiYang cukup terkenal terutama untuk ibu kota megah Praha dan keindahan alam yang menakjubkan, Republik Ceko menarik wisatawan dari seluruh dunia.

 

9. Swiss

Switzerland1Menurut IEP, Swiss sangat mempertahankan pemerintahan yang berfungsi dengan baik dan budaya politik yang terbuka. Dari gambaran kualitas pemerintahan, Swiss menerima skor terendah untuk ketidakstabilan politik. Hal ini juga menempatkan Swiss merupakan negara yang paling damai di dunia yang memiliki tingkat rendah kejahatan kekerasan dibandingkan negara-negara lain di dunia. Meskipun Swiss dikenal netralitas dalam isu-isu politik regional, internasional dan global, namun Swiss sangat mempertahankan hubungan diplomatik yang kuat dengan berbagai negara di seluruh dunia.

 

10. Jepang

Japan1Jepang merupakan salah satu negara yang paling mempesona dari segi budaya, Jepang memiliki perekonomian terbesar ketiga di dunia. Sejak Perang Dunia II, Jepang telah benar-benar menjadi negara yang damai, dengan konflik internal yang kecil dan tingkat kejahatan yang rendah. Negara ini berdaulat pada kekuatan keamanan dalam negeri dalam rangka menjaga perdamaian dunia. Jepang adalah negara damai serta negara yang luar biasa indah untuk dikunjungi.

 

11. Irlandia

Ireland2Irlandia merupakan negara yang kaya akan sejarah, memiliki padang rumput hijau yang menakjubkan dan orang-orang yang ramah, dan  tidak mengherankan jika dikatakan bahwa Irlandia adalah salah satu negara paling damai di bumi! Irlandia adalah negara yang luar biasa dengan dilihat dari  tingkat wisatawan yang tinggi! Ireland memiliki karya satra sejarah, bukit benteng berlapis, pantai spektakuler dan keramahan legendaris yang membuat Irlandia menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi setiap saat sepanjang tahun.

 

12. Finlandia

Finland2Finlandia juga dianggap sebagai salah satu negara paling damai dan layak huni, dengan tingkat bencana alam yang rendah pula. Finlandia masih merupakan negara yang menganut pelayanan sipil dan wajib militer bagi pemuda di negara ini, dan negara hanya berpartisipasi dalam pertempuran yang tergabung dalam PBB pasukan perdamaian bersama. Jika berbicara tentang Finlandia, jangan lupakan untuk membicarakan tentang pendidikan di negara ini. Finlandia menempatkan pendidikan sebagai hal yang sangat penting bagi penduduknya. Sistem pendidikan Finlandia berada di peringkat kelima terbaik di dunia.

 

13. New Zealand – Selandia Baru

New-Zealand1Setiap tahun sejak 2007, Institut Ekonomi dan Perdamaian telah menempatkan Selandia Baru dalam peringkat sebagai salah satu negara paling damai di dunia. Dengan persentase kecil dari populasi di penjara, kemampuan militer yang terbatas, hubungan yang kuat dengan Australia dan dan penduduknya sangat ramah, Selandia Baru adalah negara yang indah untuk tinggal. Selandia adalah negara yang sangat kaya akan keindahan alam, beragam pemandangan dan pribumi unik. Pengunjung dari seluruh dunia datang ke Selandia Baru untuk menikmati lanskap bertekstur, gletser alpine, pantai yang mengagumkan dan fantastis, panas bumi dan aktivitas gunung berapi. Negara ini juga terkenal karena wine nya yang terkenal dan ada sejumlah besar varietas anggur ditanam di seluruh Selandia Baru. Jadi jika Anda seorang pencinta wine sejati, Anda pasti harus mengunjungi Selandia Baru setidaknya sekali dalam hidup.

 

14. Canada

Canada1Kanada memiliki salah satu standar terbaik dari hidup di dunia, Kanada adalah juga salah satu negara paling damai di bumi. Kota ini memiliki populasi sekitar 33 juta orang, dan juga merupakan negara terbesar kedua di dunia berdasarkan wilayah. Dengan tingkat kebersihan dan keamanan kota, pemandangan spektakuler dan orang-orang sangat ramah, Kanada adalah juga merupakan negara yang indah dan damai untuk ditinggali. Keanehan terbesar terhadap nilai perdamaian yang ditujukan pada Kanada adalah bahwa ia memiliki kemampuan militer yang relatif tinggi, meskipun saat ini tidak terlibat dalam setiap konflik.

 

15. Austria

Austria1Austria adalah negara yang terkurung dengab daratan kecil di  Selatan Sentral Eropa dengan keuntungan membuatnya menjadi tempat di daftar negara yang paling damai di dunia untuk sikapnya yang netral terhadap politik internasional. Sejak Perang Dunia I dan break-up dari Kekaisaran Austro-Hungaria dan Perang Dunia II, Austria telah konsisten untuk menciptakan kehidupan damai serta ketenangan. Banyak orang mengklaim bahwa Austria adalah negara yang bagus untuk tinggal. Austria juga terkenal di dunia dengan resor dalam pegunungan Alpen, dan pusat-pusat kebudayaan megah seperti Wina, Austria juga merupakan tempat yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi.

 

16. Bhutan

BhutanMenurut 2013 Global Peace Index (GPI), Bhutan juga berada di antara 20 negara paling damai di bumi. Intinya adalah, Bhutan tetap tidak berubah dalam konflik internasional dan domestik dalam 6 tahun terakhir dengan skor GPI 1,6 dari 5, 1 menjadi benar-benar rendah. Laporan ini menggunakan 22 indikator untuk mengukur kedamaian internal, termasuk jumlah polisi yang berjumlah 100.000 orang dari tingkat kriminalitas yang dirasakan, tingkat kejahatan terorganisir, dan indikator perdamaian eksternal yang mencakup pengeluaran militer sebagai persentase dari produk domestik bruto dan nuklir dan kemampuan senjata berat. Orang-orang Bhutan adalah cinta damai dan mereka sangat baik dalam berbudaya. Plus, Bhutan menyajikan banyak atraksi spektakuler untuk semua orang.

 

17. Australia

AustraliaAustralia adalah negara yang indah dan damai yang menawarkan keragaman budaya, pantai yang spektakuler, banyak keindahan alam yang menakjubkan, fauna yang indah dan orang-orang yang ramah dengan rasa humor yang luar biasa. Meskipun Australia adalah negara besar, kira-kira ukuran yang sama seperti Amerika Serikat namun memiliki populasi kecil sekitar 20 juta, jadi ada banyak ruang tak berpenghuni untuk dikunjungi. Tingkat kejahatan yang rendah di Australia, sistem politik yang stabil, standar tinggi perawatan kesehatan dan jalan yang terpelihara dengan baik membuatnya menjadi negara yang aman dan relatif mudah untuk hidup atau hanya untuk berlibur.

 

18. Portugal

PortugalAnda mungkin akan terkejut befitu mengetahui bahwa Portugal adalah salah satu negara paling damai di dunia, tapi itu benar. Negara ini telah menjadi anggota Uni Eropa dalam kurun waktu kira-kira 26 tahun dan itu merupakan bagian dari Sistem Moneter Eropa dan menggunakan mata uang tunggal Eropa. Portugal termasuk tingkat ekonomi 43 terbesar dunia menurut Bank Dunia dan memiliki salah satu yang tertinggi tingkat pertumbuhan PDB antara negara-negara OECD. Negara ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah, standar  hidup dan pemerintahan yang stabil. Plus, pantai berpasir yang menarik, dataran indah dan pegunungan yang mengesankan, warisan milenium dan kota-kota yang hidup membuat Portugal menjadi salah satu tempat terbaik untuk tinggal.

 

19. Qatar

QatarMenurut Global Peace Index, Qatar adalah negara yang paling damai di Timur Tengah dan salah satu negara paling damai di dunia. Insiden kekerasan yang sangat jarang terjadi di negeri ini dan tingkat kejahatan yang relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara industri lainnya. Qatar merupakan salah satu negara yang paling fleksibel dan liberal di Timur Tengah di mana perempuan memiliki banyak hak, termasuk kerja, mengemudi dan hak suara. Negara ini mengalami transformasi di bawah Visi Nasional 2030 untuk mencapai diversifikasi ekonomi berkelanjutan dan maju.

 

20. Mauritius

MauritiusMenurut Laporan GPI 2013, Mauritius adalah salah satu negara paling damai di bumi dan juga peringkat negara yang paling damai di AfrikaGPI menyoroti stabilitas relatif dari daerah dan dengan demikian semakin mempromosikannya sebagai platform terpercaya untuk layanan wealth management dan perencanaan perumahan.

Adalah merupakan keuntungan besar untuk tinggal di negara yang damai, dan jika Anda beruntung untuk tinggal di salah satu negara yang disebutkan di atas, Anda harus bangga akan hal itu!