11 Hal yang Anda Tidak Ketahui Tentang Rolex

Rolex dikenal sebagai satu-satunya jam tangan yang bernilai tinggi.” Selain bentuknya yang mewah diikuti dengan harganya yang fantastis. Rolex sangat istimewa, dari pembuatannya yang tidak mudah dan juga hanya dimiliki oleh orang berkocek tebal dan memiliki selera tinggi. 

Rolex terbuat dari bahan-bahan terbaik untuk setiap detailnya, jam buatan Swiss ini sangat bernilai tinggi.

Tapi meskipun Rolex sudah dikenal di seluruh dunia, namun ada beberapa hal yang orang tidak tahu tentang merek mewah ini. Bahkan tidak semua kolektor jam mewah ini tahu apa keunikan dari jam tangan Rolex ini.

1. Rolex kebanggan Swiss, namun diciptakan pertama kali di London – Inggris

View of the Thames from the Waterloo Bridge, London, UK

Perusahaan tidak langsung membuat jam tangan, tapi mulai dari perakitan. Kembali pada tahun 1905, imigran Bavaria berusia 24 tahun Hans Wilsdorf dan saudaranya iparnya yang berkebangsaan Inggris Alfred Davis membangun sebuah perusahaan di London yang mengimpor komponen jam tangan dari  Swiss dan merakitnya  di Inggris. Mereka akan mereka menjualnya pada toko-toko perhiasan dan menempatkan logo mereka sendiri pada diatasnya. Namun tidak sampai 1908 mereka memutuskan untuk membuat jam mereka sendiri, dan membuka kantor mereka di Swiss karena di sana banyak para pembuat jam dengan tangan terampil yang. Akhirnya mereka meninggalkan markas mereka di Inggris dan pindah ke Geneva pada tahun 1919, karena Perang Dunia I pajak pengiriman ekspor, emas dan perak di Inggris sangat tinggi dan tentu saja akan membuat mereka tidak akan mendapatkan keuntungan tidak peduli seberapa baik produk mereka.

2. Tidak seorangpun tau apa sesungguhnya arti “ROLEX”

Print

Ada cerita yang mengatakanbahwa Rolex berasal dari frase Perancis dengan arti jarum jam yang indah namun baik dari pihak perusahaan dan pendirinya memiliki pernyataan yang berbeda-beda. Tapi Wilsdorf mengakui bahwa nama itu diambil karena ia ingin sebuah kata yang pendek dan terdengar bagus bagi setiap orang yang memilikinya, dan bisa diucapkan dalam bahasa apapun

3. Menukar tahanan perang dengan Rolex

roll

Penerbang di Royal Air Force Inggris tidak menyukai  jam tangan dengan standard yang biasa yang mereka punya, dan banyak dari mereka menggantinya dengan Rolex, yang telah mendapatkan reputasi sebagai jam tangan yang akurat dan tahan lama. Ketika Wilsdorf mengetahui bahwa Nazi mengambil jam tangan dari para penerbang yang telah ditembak jatuh dan ditawan, ia menawarkan untuk mengganti Rolex yang diambil tersebut dengan tahanan Inggris lainnya. Tahanan Amerika yang ditahan di kamp yang sama, mendengar tentang kesepakatan tersebut sangat terkesan dengan keberanian Wilsdorf bahwa Nazi akan kalah hanya karena jam tangan, dan merek ini kemudian menjadi simbol status di antara kedua awak pesawat Inggris dan Amerika (dan juga Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan tahanan lainnya).

4. Seorang tahanan pada perang Dunia II sangat ingin memiliki Rolex

rolll

Salah satu dari tahanan Inggris tersebut, Corporal Clive Nutting memesan  Rolex Oyster 3525. Dan Windsorf sangat terkesan  dengan seorang yang berpangkat non-perwira ingin memiliki jam tangan yang berkualitas yang mengalahkan atasannya yang berpangkat lebih tinggi yang hanya tertarik pada jam yang lebih murah. Jam tangan tersebut kemudian dikirim ke Nutting pada kamp tahanan di Stalag Luft III. Dengan pesan pribadi dari Wilsdorf bahwa dia menolak Nutting untuk membayarnya dan minta maaf bila pembuatan jam tersebut makan waktu yang cukup lama. Nutting kemudian menggunakan Oyster 3525.   Ketika film Steve McQueen tentang insiden itu dibuat pada tahun 1963, Nutting dipekerjakan sebagai konsultan.

5. Rolex tetap berfungsi di tempat paling tinggi dan laut paling dalam

red

Usai perang, Rolex semakin berkelas. Pada tahun 1953, orang-orang dari Ekspedisi Himalaya Inggris yang dipimpin oleh Sir Edmund Hillary adalah orang pertama yang tercatat mencapai puncak Gunung Everest. Semua pimpinan di ekspedisi mengenakan Rolex Oyster Perpetuals, dan tak satu pun dari jam tangan mereka yang rusak atau bahkan kehilangan waktu walau hanya sedetik, meskipun kerasnya pendakian. Pada tahun 1960, US Navy batiskaf Trieste menyelam pada kedalaman 35.798 kaki di bawah (yang hampir 8.000 kaki lebih dalam dari ketinggian Everest ) ke bagian terdalam dari Palung Mariana. Beberapa pelaut melihat Rolex tersebut, dan terkejut menemukan bahwa jam tersebut tetap berfungsi tanpa meleset waktu sedikitpun.

6. Rolex telah membantu mengungkap sebuah kasus pembunuhan

Rolex-Crime-Scene

Albert Walker Johnson adalah seorang yang hanya lulusan SMA dan mengaku dia adalah seorang artis palsu dari Paris, Kanada, yang menipu 70 klien sejumlah $ 3.200.000 melalui hipotek dan investasi palsu. Dia dicari oleh polisi Kanada, ia melarikan diri ke Inggris dengan salah satu dari tiga anak perempuannya. Dia memulai bisnis investasi baru dengan orang lain yaitu seorang  ekspat Kanada bernama Ronald Joseph Platt. Ketika Platt pindah kembali ke Kanada, Johnson menggunakan identitas putrinya 15 tahun yang menyamar sebagai istrinya! Untuk menghindari Interpol. Ketika Platt kembali ke Inggris pada tahun 1996, Johnson memutuskan untuk membunuhnya. Dia akan lolos saat itu juga, jika ia cukup cerdas untuk melepas Rolex Platt sebelum membuangnya dia di Selat Inggris. Setelah dua minggu di air, satu-satunya hal yang dapat diidentifikasi dari miliknya adalah Rolexnya yang masih berdetak. Melalui catatan pelayanan, polisi mengidentifikasi tubuh tersebut adalah tubuh Platt, dan tidak butuh waktu lama untuk melacak Walker.

6. Rolex peduli amal

Rolex-Chairty-Golf-Balls

Ketika istri Wilsdorf, Doris Kuhlmann-Wilsdorf, meninggal pada tahun 1944, ia mendirikan Hans Wilsdorf Foundation, yang ia terdaftar sebagai organisasi amal. Kemudian, dia mengalihkan seluruh kepemilikan saham Rolex untuk yayasan amal tersebut dengan rincian jelas dari sumber dana dan cara mengaturnya.

7. Rolex ditipu jutaan dolar oleh Bernie Madoff

bernie-madoff

Pada tahun 2008, dunia tertegun ketika CEO Hans Wilsdorf  dari Yayasan Patrick Heiniger mengundurkan diri “karena alasan pribadi.” Dia dan ayahnya, Andre, telah menjalankan organisasi tersebut sejak kematian Wilsdorf di tahun 1960 dan tidak ada tanda-tanda bahwa dinasti mereka akan berakhir. Secepatnya, media Eropa mulai membuat cerita mengklaim bahwa yayasan telah dirugikan sebesar $ 900.000 oleh Bernie Madoff. Kemudian  ia dijatuhi hukuman  karena menipu lebih dari $ 30 miliar.

9. Rolex memiliki bahan baja dengan kualitas yang paling bagus dibandingkan jam tangan lain

rol9

Sementara jam tangan stainless steel lainnya yang dibuat dengan bahan yang dikenal sebagai 316L, Rolex menggunakan kelas jauh lebih mahal dengan 904L, yang menampilkan tingkat yang lebih tinggi dari nikel dan krom. Tidak hanya lebih mahal,dan juga lebih sulit untuk diproses pada mesin, hingga Rolex harus meng-upgrade sebagian besar peralatan tersebut pada investasi besar dan kuat. Dan hasilnya, mereka mengatakan, bahwa resistensi yang dihasilkan  jauh lebih baik – dan tidak menjadi masalah jika dipakai dilaut dengan kadar garam yang tinggi. Mereka juga mengklaim bahwa 904L menyimpan cat jauh lebih baik daripada baja lainnya – rasanya tidak masuk akal, mengingat tingkat yang lebih tinggi dari nikel dan krom.  Oh ya dan juga mereka memiliki pengecoran sendiri untuk membuat emas dan platinum mereka sendiri.

10. Setiap Rolex yang diproduksi selalu diuji ketahanannya sebelum dijual

rol10

Setiap Rolex ditempatkan dalam ruang udara bertekanan sensitif untuk menentukan apakah ada kebocoran udara dalam kasus ini. Semua Rolex untuk penyelam diuji dengan ditempatkan dalam sebuah tangki engan tekanan air setara dengan kedalaman 300 meter (sekitar 1.000 kaki) . Mereka kemudian melakukan uji kondensasi di mana setetes air ditempatkan pada kristal jam tangan dipanaskan. Jika sensor uji menemukan kondensasi apapun, jam tangan tersebut dianggap rusak dan dibuang. Kedalaman laut bagi  Rolex adalah sebagai tes akhir di mana mereka menyesuaikan pada jenis  tekanan yang sama dengan kedalaman 12.000 meter (sekitar 39.000 kaki) di bawah permukaan laut, meskipun tempat terdalam di lautan apapun hanya 10.911 meter di bawah. Namun Rolex mampu mengunggulinya.

11. Percaya atau tidak, Rolex adalah buatan tangan

rol11

rolex-presents-making-of-the-deepsea-challenge-watch-video-0

Memang untuk setiap komponen dari Rolex dicetak oleh mesin, namun komponen yang cukup sensitif seperti mur, jarum jam dll pengaturan masing-masing komponen menggunakan tangan-tangan terampil dan teliti.